selamat datang

Cara Membuat Gulali Karamel

Cara Membuat Gulali Karamel yang Nikmat

Gulali adalah salah satu jajanan tradisional khas Indonesia yang sangat terkenal pada masanya. Ketika belum banyak permen atau lollipop kemasan seperti sekarang ini, para anak lebih menyukai membeli gulali yang dijajakan oleh para pedagang keliling.
Gulali sendiri memiliki banyak jenis. Jenis yang paling terkenal dan mungkin paling tradisional adalah gulali yang terbuat dari gula jawa. Gulali ini memiliki warna coklat kehitaman dan biasanya ditusuk dengan batang kayu kecil. Gulali dari gula jawa ini juga biasanya dicampurkan dengan kacang tanah.
Jenis gulali selanjutnya adalah gulali yang terbuat dari gula pasir. Gulali jenis ini lebih berwarna karena para pedagang biasanya memberikan pewarna makanan untuk membuatnya lebih menarik.
Gulali ini juga dapat dibentuk menjadi binatang sehingga para anak semakin menyukainya. Bahkan, gulali ini kadang juga bisa ditiup sehingga menghasilkan bunyi layaknya peluit.
Gulali yang selanjutnya dibuat dengan campuran tepung. Para penjual gulali ini biasanya menarik-narik adonan gulali sedemikian rupa sehingga berbentuk seperti mi atau benang sutra.
Kebanyakan orang menamakan gulali ini sebagai rambut nenek karena bentuknya yang kusut dan acak-acakan seperti rambut nenek-nenek.
Jenis gulali yang keempat ini dibuat menggunakan sebuah mesin khusus yang berputar dan menghasilkan serat-serat gula yang halus. Jika serat-serat gula tadi dikumpulkan, maka akan berbentuk seperti sebuah kapas. Di Indonesia, gulali jenis ini lebih terkenal dengan nama arum manis.
Kini, seiring dengan perkembangan zaman, berbagai macam gulali di atas sudah sulit untuk ditemukan. Namun jika Anda ingin bernostalgia dengan aneka macam gulali tersebut, maka Anda dapat membuatnya sendiri di rumah dengan langkah-langkah yang cukup mudah.

Jenis Gulali

Permen Gulali Gula Jawa
Jenis yang paling tradisional adalah gulali yang terbuat dari gula merah atau gula jawa. Konon ceritanya, gulali ini merupakan cikal bakal dari kemunculan berbagai jenis gulali yang sering kita temui saat ini.
Gulali jenis ini berwarna coklat kehitaman dan biasanya ditusuk dengan potongan batang kayu. Gulali dari gula jawa ini juga biasanya dicampurkan dengan kacang tanah.
Permen Gulali gula Pasir
Gulali jenis ini lebih berwarna karena para pedagangnya biasa memberikannya dengan pewarna makanan atau pasta makanan sehingga membuatnya lebih menarik jika dibentuk.
Gulali ini juga dapat dibentuk menjadi aneka kreasi hewan, seperti ayam, burung, mainan, pesawat, mobil-mobilan, dan lain-lain, sehingga anak-anak semakin menyukai gulali ini.
Dan bahkan, gulali jenis ini terkadang bisa kita tiup sehingga dapat menghasilkan siulan layaknya peluit tukang parkir atau satpam.
Permen Gulali Rambut Nenek
Gulali jenis ini terbuat dari gula pasir yang dicampur dengan tepung. Para penjual biasanya menarik-narik adonan gulali jenis ini sedemikian rupa sampai berbentuk seperti mi atau benang sutra.
Banyak orang menyebut gulali ini dengan istilah rambut nenek karena bentuknya yang terlihat kusut dan acak-acakan mirip seperti rambut seorang nenek-nenek, sehingga ada yang menyebutnya Gulali Rambut Nenek.
Konon katanya, orang Tiongkok sering menyebut gulali ini sebagai jenggot seekor naga.
Permen Gulali Arum Manis
Jenis gulali yang terakhir ini dibuat dengan mesin khusus yang berputar dan menghasilkan serat-serat gula yang halus, namanya Cotton Candy Machine.
Mesin Cotton Candy ini bisa Anda pesan juga di Ramesia Mesin. Jika serat-serat gula tersebut dikumpulkan, maka akan terlihat seperti sebuah kapas oleh karena itu gulali jenis ini disebut juga dengan permen kapas (Cotton Candy).
Di Indonesia, gulali jenis ini lebih terkenal dengan nama gulali arum manis.

Resep Membuat Gulali

Resep Permen Gulali Gula Jawa
Bahan
· 1/2 kg gula jawa yang dihaluskan sebelumnya
· 125 ml air atau secukupnya
· Kacang tanah yang dipotong kecil-kecil
· Tusuk sate
Cara Membuat
1. Masukkan gula merah dan air ke dalam wajan kemudian aduk-aduk hingga tercampur dengan merata. Nyalakan kompor dengan api sedang lalu letakan wajan tersebut di atasnya.
2. Aduk-aduk terus adonan tersebut hingga mendidih. Selalunjutnya masukan potongan kacang tanah lalu aduk-aduk kembali hingga merata. Jika airnya sudah sedikit berkurang, silahkan angkat wajan tersebut lalu diamkan hingga adonan tampak mulai mengental.
3. Jika adonan sudah mengental, sila mencelupkan tusuk sate ke dalamnya lalu ambil gulalinya. Selamat menikmati gulali tradisonal ini. Jika ingin disimpan dalam waktu yang lama, Anda dapat membungkus gulali yang sudah ditusuk tadi menggunakan plastik lalu masukkan ke dalam toples tertutup.
Resep Permen Gulali Gula Pasir
Bahan
· 1 kg gula pasir
· 1 sdm asam citrun
· 1 sdm pasta pandan atau pasta strawberry
· 1 sdm asam citrun
· 100 ml air matang atau ¾ gelas sedang
Alat-alat
· 1 centong kayu
· 1 sendok makan
· 1 wajan besar
Cara Membuat
1. Masukkan gula pasir, kemudian masukkan semua bahan yang telah disiapkan tadi kedalam wajan. Aduk sampai merata dengan centong kayu ke kiri dan ke kanan dengan sabar jangan sampai berhenti sampai 10-12 menit gulali matang.
2. Matikan kompor tetapi tetap mengaduk pelan-pelan.
3. Setelah itu menunggu proses pendinginan sampai 15 menit. Sampai mendapatkan tekstur yang diinginkan.
4. Masukkan kedalam stoples. Dinginkan sampai 2 jam.
5. Terakhir gulali siap dibentuk sesuai kreativitas.
Resep Permen Gulali Rambut Nenek
Bahan
· 500 gram gula pasir
· 125 ml air atau secukupnya
· Pewarna makanan
· Minyak goreng
· Tepung terigu secukupnya
Cara Membuat
1. Tuangkan minyak goreng ke dalam wajan lalu panaskan di atas kompor. Masukkan tepung terigunya kemudian aduk hingga baunya harum dan berwarna sedikit kecoklatan.
2. Selanjutnya tuang tepung terigu yang sudah disangrai tersebut ke atas wadah yang lebar seperti loyang untuk membuat kue. Taburkan secara merata dan diamkan sampai panasnya menghilang. Sambil menunggu tepung dingin, Anda dapat membuat adonan gulalinya.
3. Sama seperti di atas, yaitu campurkan gula pasir, air, dan pewarna ke dalam satu wajan. Kemudian panaskan menggunakan api sedang sambil terus diaduk-aduk hingga mendidih. Angkat wajan tersebut lalu diamkan sebentar hingga adonan mulai mengental.
4. Lalu tuangkan adonan tadi ke atas tepung terigu. Kemudian silakan tarik-tarik adonannya hingga berbentuk menjadi seperti rambut nenek. Pada awalnya mungkin akan terasa tidak mudah namun jika sering melatihnya maka Anda akan dapat membentuknya dalam waktu yang cepat.
Resep Permen Gulali Arum Manis
Bahan
· 1 kg gula pasir
· 1 sdm pasta pandan atau pasta strawberry
· 1 sdm asam citrun
· 100 ml air matang atau ¾ gelas sedang
Alat-alat
· Siapkan mesin Cotton Candy Machine untuk membuat arum manis
· Stik kayu/cone stick untuk menggulung gulali arum manis
Cara Membuat
1. Pertama campurkan gula dengan pewarna makanan yang telah disiapkan sebelumnya dan diaduk sampai rata.
2. Nyalakan mesin dan pemanas hingga mesin siap untuk digunakan.
3. Masukkan gula yang sudah dicampur dengan pewarna makanan ke dalam mesin, tunggu beberapa saat hingga keluar serabut-serabut gula halus dari mesin.
4. Gulung serabut gula halus dengan stick cone. Gulung hingga ukuran yang sesuai keinginan.
5. Gulali arum manis siap untuk dinikmati (masukkan kedalam kemasan plastik jika ingin dipasarkan).
6. Masukkan gula pasir ke wadah pemanas Cotton Candy, lalu tekan tombol ON, mesin akan mulai bekerja memanaskan gula & berputar, setelah gula mencair akan terbentuk kabut gulali, setelah kabut arumanis terbentuk cukup tebal, matikan mesin, ambil cotton candy yang terbentuk dengan menggunakan stik, putar stick gula kapas sehingga bentuknya tebal & bagus. Masukan dalam kantong plastik, siap untuk dihidangkan atau dijual.

3 komentar:

  1. Hi kak,

    Perkenalkan saya merlyn dari situs HL8 ingin menawarkan kerjasama dalam bentuk program affiliasi dimana anda bisa mendapatkan keuntungan komisi 40% flat dari kami setiap bulannya, Apabila anda tertarik silahkan hubungi kami di affiliate[a]hl8asia .com atau fb saya.

    Terima kasih atas perhatiannya

    merlyn

    BalasHapus
  2. CV Bahagia Sukses Makmur adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang kontraktor, vendor dan juga jasa jual dan sewa berbagai jenis tenda. Tenda yang kami sediakan adalah jenis tenda dengan kualitas terbaik dengan harga yang terjangkau, Dengan tenaga ahli yang sudah berpengalaman dalam membuat dan memasang tenda.
    Salah satu tenda yang kami sediakan adalah tenda Sarnafil / kerucut. Jenis tenda ini adalah tenda promosi, event, maupun bazar. Dengan bentuk atap kerucut sisi dinding PVC 410 gsm balackout yang dapat ditutup dan dibuka.

    Tenda sarnafil menggunakan rangka alumunium sedangkan tenda kerucut menggunakan kerangka besi. Jenis kerangka ini tahan terhadap karat.

    Tenda jenis ini dapat digunakan untuk :

    - Berbagai kegiatan promosi / event.

    - Bazar, Seminar dan Pameran.

    Desain tenda sarnafil dapat disesuaikan dengan keinginan anda dan tersedia berbagai ukuran yaitu 3m x 3m, 4m x 4m, 5m x 5m dengan tinggi tiang kaki 2m s/d 2,5 m.



    Perusahaan kami telah berpengalaman dalam Membuat berbagai macam tenda. Silahkan hubungi 0811 1252 0824 RAHMA

    Office: Ruko Cendana Raya No. 15A, Bencongan Indah, Karawaci Tangerang.

    SENIN - SABTU / 08.00 - 17.00

    Anda juga dapat menghubungi kami di :

    https://tendagudangjakarta.blogspot.com/

    https://tendagudangbogor.blogspot.com/

    Twitter : @TangerangRoder

    Instagram : @tendapameranjakarta

    Instagram : @tendagudangjakarta

    SHOPEE : @https:tendarodertangerang

    TOKOPEDIA :@partisipameran23

    BalasHapus

Memahami Peran dan Tantangan Pemulung di Masyarakat Modern

Pemulung, atau sering disebut sebagai pengumpul barang bekas, memegang peran penting dalam ekosistem sosial dan lingkungan. Meskipun pekerja...